Minggu, 19 Oktober 2008

Lebaran Kok Sutress seeh



Lebaran Tahun ini bukan seperti Lebaran...aku lewatkan dengan tetep Bekerja dan bekerja..Abis Sholat Ied..ngaso2 bentar dirmh, siangnya masuk kerjaa..wuiih nikmaat..Nikmatnya diJalan sepii sekali, tak banyak berlalu lalang kendaraan seperti biasanya. Diarea Kantorpun sepi sekali. Hanya Kantorku yang buka. Berjalan lunglai sendiri memasuki halaman kantor. Harusnya siang itu ak ada di Desa kumpul ma sodara, tp disatu sisi ttp tak bisa. krn harus dirmh menemani kakak iparku yang hamil tua. Tak mungkinlah dia Bisa pulang ke Desa naek Motor gitu..Untung deeh..

Beberapa hari masih tetep masuk kerja, Aku putuskan untuk libur hari Jum'at. kebetulan Lebaran jatuh hari Rabu & Kamis. Krn klo libur hari Jum'at bisa pergi2 lama. krn sabtu dan Minggu ak Libur. Tapi kenyataannya Jum'at pun tak ada Rencana pergi Kemana-mana. Bingung Juga mo Kemana, Ini Dampak dari Syndrome deadcamera..Maksudnya karena Kameraku rusak, lagi tak benerin..Krn Setiap perjalanan yang ak cari Hanya Foto2 pemandangan Indah Sajaa..naah karena Kamera kesayanganku Rusak jadi males deh bwt kemana-mana. Krn dia adalah Teman sejati Penyimpan kenangan..hmm..spt Pacar sajaah!!!padahal sebenernya Narsis..

Sudah beberapa Minggu tiap liburan ak hanya dirumah saja, eeh tiba2 pas Jum'atan si Adi temen SD dan sampe skrg masih suka bareng ngajakin ke Magelang. Ke tempat sodara dia ntar kita jalan2 ke Keteb..brgkat sabtu pagi. Waaduuh..lumayan juga neeh buat melampiaskan hasrat kerinduan buat Jalan2.Dipikir2 dulu sampe Sabtu pagi blom ada keputusan. si Adi menawarkan lagi, ak tanya Rencana mo nginep apa pulank hari itu juga. Klo nginep ak ikut, tp klo cm sehari ak gak ikut. Dia Bilang Nginep..langsung aja deeh ikut. Tp kita ketemuan di Magelang, krn ak kudu ke rumah Om dulu..huaah..mo pergi sajaa banyak bangeeth godaan kegagalan..Rencana2 tak terduka.Akhirnya dari Ungaran ak nekat berangkat jam 12 siang. Panas2nya hari itu..Cuaca memang sangat terik beberapa hari itu, mulai dari Puasa..DItambah lagi Jalanan yang begitu ramenya..padat, merayap, macet sana-sini..bener2 kudu melatih kesabaran kita..belok sana, belok sini, selip sana-selip sini, Aku memutuskan untuk lwt Daerah Sumowono saja, Daerah Pegunungan. biarpun agak jauh seh, krn harus memutar badan Gunung Ungaran. Tapi setidaknya tidak terlalu macet dan dapet udara yang segar dan dingin..Lumayan buat mengobati Rasa Panas yang terik saat itu. Ternyata perjalanan di gunung lumayan rame tidak seperti biasanya. Tapi udara mulai terasa sejuk. Pemandanganpun lebih menarik. Melihat sawah2 Hijau yang berterasiring, Pohon2 mawar, pasar2 Bunga dan Puncak Ungaran yang menjulang..Lumayan laah.. Masuk ke Pedesaan dan Perkebunan2 Kopi, sampai Coklat..wuaah bener2 lumayan menyejukkan batin neh. Mengobati rasa kangen ma Alam.

Sampai juga ketemu Jalan utama menuju Magelang. Dari Kota Secang ke Arah Magelang Jalannya Kecil dan volume kendaraan yang lewat disitu sungguh banyak. Jadi jalanan Padat dan merayap lagi..Ini yang bener2 sungguh tak nyaman dan nikmat. Plat kendaraan Rata2 B semua..orang2 jakarta yang pada Mudik entah mo kemana..Perjalanan yang biasanya 15 menit sampe ke Magelang kali ini hampir setengah Jam. Masuk di Kota magelang nyantai dulu di salah satu Toserba disana. Minum es dulu..lumayan enak jugaa..Dari bahannya seh Cappucino dikasih campuran Coklat, Nutrijell, dan cincau..Manis Cappucino ditambah coklat. Lumayan juga..

Dari situ telpon si Adi, dia menyuruhku langsung cabut ke Blabag, yaitu daerah sebelum Muntilan. nanti kita ktemu disana. Karena memang rmh sodaranya disana.. Langsung meluncur keluar kota magelang ke arah Blabag. Lagi2 kudu bertemu Jalanan yang padat merayap..sungguh Perjalanan yang membosankan. tapi memang kudu sabar. Pelan tapi pasti..selip sana-sini, Masuk jalur tengah biar bisa cepet..wuuzz..wuuzz kupacu sepeda Motorku si Pinky..

Sesampainya di Blabag kutelpon lagi si Marpaung satu ini, tak lama setelah itu dia muncul dan Kita jalan beriringan ke Rumah sodaranya. Masuk ke salah satu PErkampungan yang sejuk, asri..wuaah cocok sekali ini untuk bermalam. Sawah yang hampir menguning, Suara gemericik air sungai yang bening..dan Rumah2 yang tertata rapi dengan Pagar yang sama semua..kliatannya tempat ini nyaman sekali. Ngaso-ngaso..istirahatin pantat yang dari tadi serasa Pegel berada diatas motor..Mandi2 bersih2 diri baru kita Sore mo Ke Keteb Pass.

Jalan udah agak sore2an gitu..Mulai naik udara mulai semakin dingin, memang sore itu agak sedikit mendung..semakin keatas lagi semakin dateng kabut dan semakin tebal. Ternyata bener juga, sesampainya diKeteb Pass kabut tebal sekali. Jarak pandang hanya sampe 200 m gak lebih. Jadi tak ada yg kita dapet disana, secara orang ke Keteb Pass untuk menikmati pemandangan Gunung dan Lereng2nya Merapi maupun Merbabu. Yang ada hanya Putih dan putih saja. Udara dingin terasa begitu menusuk. Banyak orang juga disitu, biarpun udah sore. Memang Lebaran ini pastina tempat2 wisata rame dikunjungi orang. Baik dari desa maupun dari Kota, yaa bisa diliat dari bahasanya laah..klo orang2 Jakarta pastine bahasanya Lo ma gw pakenya. Makan jagung bakar, si Resa ngidam tuh, pacarnya si Marpaung. Tapi emang lagi gak pengen Jagung Bakar..Cuman jalan2, liat2, sambil memandang kesana-kemari laksana Detektip yang lagi mengintai. Kemana para cewek2 cantik?!?!ada gak yaa!?!?!?ternyataa yaaa...Lumayan mengecewakan. Dilanjut Poto-poto ceklak-ceklik disana-sini..BErGaya BenTar, selese PulAnk Deeh..BaNyak yang terlewatkan, karena MeMang keindaHannya banyak Yg Lewat krn ditutupin Kabuut..
PUlank Aja Deeh..drpd lama2 dsitu KediNginan Pula..Lagian Waktu udah MuLai Gelap, PerjaLanan SajA udah Banyak BiNatang2 Kecil Yang berterbangan, klo KeNa mata Pedesnya seperti KeNa Sambel aja Deeh..Mantaab..JaDina Gak brani NGebut2. SuAra Jangkrik terdengar LiRih, si saingi Ma KoDok..bener2 SuAsana Desa yg Damai..Bwat Mengobati rasa Sepi di Rumah, Aah Jalan2 Sajalah ke Kota MageLang, sebenernya dari Situ mo Ke Jogja jg Deket. tp kita pikir2 Ngapain ke Jogja, Males sajaa. Meluncur Deh Ke Magelang, dan Tujuan Pastina Alun2..Dan Bener disana Rame juga. Muter2 alun2 bbrp kali, Cari TemPat buat NoNgkronk..Dsitu ada Nasi Kucing..naaah Langsung Belok Berparkir..hehehe..PESen Susu Jahe buat Angetin BAdan, sambil liat Lalu lalang Para Gadis Magelang yang Manis2. Disebelah Warung ada Makanan yg rada Unik. Pisang Panggang, waah kliatanna perlu diCoba neh, biarpun TErnyata seperti Pisang Bakar di Kebanyakan2 tempat tp lumayan yahut, Sama Roti Bakar Keju kupesan buat menemani Tongkrongan Kita malam itu. Pisang Panggang ini mirip sekali Pisang Bakar. DIbakar lalu ditaburi Meses, Keju dan Susu Coklat..JAdi Rasa Pisang Yang Manis rada Asem ditambah Lelehan Susu Coklat dan MEses yang Udah Agak meleleh krn kena Panas Pisang..hmmm...Nikmat..Buru2 saja di Samber SI ADi Marpaung.tp dia makan Dikit krn abis Makan Nasi 2 bungkus td. Untung sajaa masih kebagian Lumayan banyaak...lagi Enak2 Nongkrong Ujan..Neduh dulu bentar, Untung saja Ujannya cuman Lewat. tp Kabar dr Semarang Ujan Deres ma ANgin Kencang..Setelah Reda dan Cukup buat Nongkrongnya kita Pulank memang krn dah ngantuk Juga..Udara Dingin jg enak Buat tidur cepet..Pulass juga deeh ke alam mimpi..
PAgi2 Bangun Dengan Udara Yang Dingin dan Menusuk..tp Keinginan Buat Jalan2 tetep ada..Langsung aja Cuci Muka dan brangkat Jalan2 keliling Desa. Biasana Desa enak klo dikelilingi pas Pagi Hari..bener juga, si Ressa pengen cari Bubur. Jalan agak jauh sampe mo ke Jalan raya hanya ada 1 orang yg jualan bubur. Tp sampe sana tinggal buat 1 porsi saja, akhirna yaa buat yang kepengen deeh. Kita makan Ketan Kinco. Hmm..sedikit tentang ketan Kinco, Disana ketannya dibikin bulet2 seperti jadah yg diJual di Kaliurang Jogja, tp niy masih murni ketan. Klo jadah sudah dicampur Kelapa. cukup Murah, 1000 dpt 3 buah Ketan dan dituangin Kinco yang kental. Hmm..rasanya ternyata luar biasa, Ketannya yang Halus..tidak seperti Ketan2 yang slama ini ak coba. Biasana seeh agak Keras. tp yg ini bener2 lembuut. Sambil hangat2 gitu dihidangkan bener2 Nikmat sekali..Kinco Nya yg Kental sambil ada gulanya yg kurang begitu Halus. tp memberi Nikmat ada kriuk2nya..Ada Gorengan tahu isi, klo orang sini bilangnya Tahu Susur..hmm..langsung mbat sajaa..abis mateng dari penggorengan, jadi masih panas2 gitu. Dihidangkan serba panas memang menambah Nikmat. Kenyang Juga makan sgitu hanya habis 2500an itu udah kenyang. Ketan Kinco 100 dan yg 1500 gorengan. Nikmat..!!!!!
Masih penasaran mengublek-ublek desa itu jalan2nya skrg lewat pematang sawah..Berjalan disepanjang pematang, batang padi yg besar2 dan siap untuk dipanen. ada beberapa yg sudah diPanen. Bermain disungai kecil yang airnya jernih sekali..asiiik..jadi Orang Katrok. Klo diliat orang2 situ pasti kita yg dibilank kampungan. Pdhal sapa yg tinggal dikampung?!?!?!Bgitu lwt didepan rumah ada Bapak2 yang lagi siapin Dokar / andong buat narik. Tau2 si Adi Marpaung iseng2 nawar bwt keliling kampung brapa?!?!setelah bernego dengan si Reza akhirna sepakat. Kita jalan2. Lalu nego masalah harga dan tetep saja gak bisa ditawar. Harga 30rb dah gak bisa turun.Deal deeeh...Jalan2 naek Dokar keliling Desa lagii...hihihi..lucu juga. Kita serasa Wisman yg gak pernah naek Dokar. Berkeliling2 kampung, Jalan2 disekitar persawahan, perkebunan cabe dll..huiii..menyenangkan juga. Cuman kurang lama, sebenernya klo diitung seh Jauh juga..cuman maklum..namanya orang kota. Maunya nambaah muluu..hehehe.
Selese semua kita niat untuk pulang, Siap2 dan Pamitan deeh..Rencana dari malem kita pulang mo Mampir ke salah satu temen yg lama tak jumpa. Di daerah Jambu, kebetulan kita lewati jalur itu. Jalan dan mampir bentar di magelang dipusat oleh2 buat beli Getuk trio. Abis itu dilanjut. Sampai Di Pingit kita Mampir ke rmh si Nunik. Temen lama yg kenal secara aneh. Ketemu juga, skrg tambah enduut..tp penampilan dah berubaah..secara dia dah lama kuliah di Jogja, pastina berubah penampilan..Tapi tetep, ada yg gak berubah. Nada ngomongnya tetep kenceeeng...keras..Duduk2 bentar, makan lagii..aduuh padahal tadi kt berangkat udah makan. skrg disuruh makan lagi..dasar si Marpaung di iyaaain ajaa...tau perut kita dah kenyang..dasar enduutt..makanlah kt sekenanya. Basa-basi bentar, adi Beli Madu..memang si Nunik bapaknya penjual Madu asli. dikasih discount deh klo kita yg beli..hehehe..Selese semua kita pamitan. Tapi kata hati ini tak puas klo cm Langsung Pulank. akhirnya ak memutuskan buat Jalan2 sndiri ke Temanggung. Berpisah dengan si Adi Marpaung dan Reza..ak Ambil arah ke Temanggung..buat meneruskan perjalanan memuaskan hati. Jalanan emang sepi, Berjalan santai..Batere HPku abis, sebenernya niat mo Hub temen di Temanggung. Nanti mo diajakin Jalan2 ma dia ke tempat2 wisata. Tapi apa Daya, batere abis, mencoba ke Counter bwt cari Pinjaman charge ttp tak ada. Akhirna ak putuskan buat Jalan2 sendiri. Ke Tempat Favorit Biasa..KopiCeng..Menikmati Kopi diantara Pegunungan..Melesat Kencang ke arah Parakan. Jalanan juga gak begitu rame. Jadi cepet sampe disana. Udara dingin mulai menyambut. Kebetulan juga Cuaca saat itu sungguh Cerah. jadi kita bisa memandang Puncak Gunung SUmbing dan Sindoro yang saling Berhadapan. Kokoh menjulang. Sampe di Cafe itu ternyata Penuh. Agak nunggu bentar seh, tak selang lama ada yg pergi. DUduk di Luar tp tetep ada payung peneduh. Sambil liat puncak Sumbing yang agak tandus..dan terlihat kebakar disana-sini. Kopi datang, seperti Biasa menu Kopisu (Kopi Gula+Susu) Gorengan Tempe Mendoan yang Hangat, dan semangkuk Mie GOreng TElor..hmmm..Nikmaat..dan intinya Makaan lagii..!!!!Tak pernah Bosan untuk duduk lama2 disini, tp keadaan Mulai Rame dan tak enak jika berlama-lama. pastina pelanggan yg lain tak ada tempat duduk. Dengan terpaksa diakhiri menikmati kopi ini. Jalan kembali ke rumah. Dengan Jalan santai tak terasa udah sampe di Alun2 temanggung lagi. Mo Mampir tp Perut Bener2 kenyang. krn sehari ini udah makan sampe 3 kali. Aku putuskan buat melanjutkan perjalanan lwt Sumowono bandungan. krn sepertinya melihat cuaca disana agak mendung. Jadi yaa langsung kutarik saja gas si Pinky membelah pedesaan dan perkebunan. Sawah dikanan-kiri. Puncak Pegunungan Ungaran menyambut.. Jalan memang sudah halus, jadi nikmat2 saja melakukan perjalanan disini. Cuman bahayanya jalan berkelok-kelok. Klo tak hati2 itu yg bahaya. Krn Tak tau ada Motor dari arah lawan atau gak. tetep waspada dan konsentrasi. Perjalanan ini tak terasa lelah, cm istirahat bentar di SPBU Gedung songo, krn memang Bensin udah menipis sekali. Sambil duduk liatin para wisatawan yg abis kluar dari Gedong songo. Rame sekali. Jalanan ke arah Bandunganpun semakin ramai. Maklum hari minggu. Macet..dikit2 jalan merayap..tp ini masih mending setelah sampe di Jalanan Raya Smg-Solo..Gak kira-kira macetnya. Jalanan yang dibilang begitu besar masih saja Macet. Padat..Karena MEmang pas saatnya arus balik. MObil2 yg mo KeJakarta atau ke Semarang tumpah blek di Jalan itu. Macet berkilo-kilo. Dari Keluar Bandungan sampai Ungaranpun masih macet. Memasuki KOta semarang Macet Juga.memang Musti Macet..Volume kendaraan bagitu besarnya. Sudah tidak Macet bagitu memasuki Kota Semarang yang dipisah oleh Jalan Tol..Mobil2 yang arah balik ke Jakarta masuk ke Tol..dan itu khusus Jalanan ke Kota Semarang. Bis-bis besar tak bs masuk. Dari situ macet mulai hilang..wuaaah..bener2 melatih kesabaran diJalan hari itu..tapi Memang itulah Lebaran..yang identik dengan Arus Mudik& Balik..pastinya Maceeettt....kebalikan dari Jakarta..hehehe..Memang Perjalanan kali ini seperti Orang SUtreesss..demi Hasrat memenuhi rasa ingin Jalan-Jalan..itu Sajaaah...!!!Gilaa KErjaa TERUSSSS....!!!!Mantab gak lo Del..Nikmati Deritamu...!!!!

Tidak ada komentar: